Monday 3 October 2011

MAKALAH KEPENDUDUKAN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Negara Indonesia merupakan Negara yang berupa kepulauan yang sangat luas dengan keanekaragaman suku dan budaya. Indonesia juga merupakan Negara yang sampai saat ini masih disebut dengan Negara berkembang. hal itu disebabkan karena walaupun merupakan Negara yang berpenduduk padat tetapi kurangnya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan. Dengan penduduk yang padat dan hampir tidak terkontrol Indonesia sangat sukar sekali menjadi Negara yang maju.

1.2    Rumusan Masalah
1.      Apa saja permasalahan penduduk yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah penduduk secara pesat ?
2.      Apa yang semestinya dilakukan untuk menanggulanginya ?
3.      Apa yang seharusnya kita lakukan ketika kita telah menikah, sebagai partisipasi kita dalam mengatasi pertumbuhan penduduk ?


BAB II
PEMBAHASAN

Indonesia pada dasarnya merupakan Negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah, tetapi sumber daya manusia yang ada di Indonesia kurang memiliki kemampuan untuk mengolahnya. Walaupun Indonesia merupakan Negara dengan penduduk yang sangat padat. Hal itu pada dasarnya kurang terkontrolnya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia. Sehingga sangat berdampak negative bagi Negara ini sendiri.
Peristiwa ini merupakan kesalahan pemerintah yang kurang mensosialisasikan program yang dapat mengontrol pertumbuhan penduduk yaitu program KB. Sosialisasi yang dilakukan pemerintah hanya mencakup golongan menengah ke atas. Sosialisasi tersebut hanya dilakukan pada program iklan di televisi. Sementara itu masyarakat yang bisa dikatakan miskin tidak atau kurang mengetahui hal tersebut. Selain hal tersebut ada satu hal lagi yang menyebabkan tidak dapat terkontrolnya pertumbuhan penduduk di Indonesia adalah ketidakmampuan masyarakat miskin untuk membeli alat kontrasepsi.
Menurut saya hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah sosialisi program KB mencakup masyarakat tingkat menengah ke atas dan satu hal lagi pemerintah mungkin harus menyediakan alat kontrasepsi atau pil KB gratis bagi warga miskin.


BAB III
PENUTUP

Solusi dari permasalahan tidak terkontrolnya pertumbuhan penduduk di Indonesia menurut saya adalah sebagai berikut.
·         Mensosialisasikan program KB sampai dengan tingkat warga miskin.
·         Pengadaan alat kontrasepsi atau pil KB gratis bagi rakyat miskin.
·         Kita sebagai generasi muda harus merencanakan pernikahan dengan sematang-matangnya sampai dengan perencanaan kehamilan untuk penanggulangan pertumbuhan penduduk yang tidak terkontrol.
·         Jadilah generasi muda yang berencana.

0 comments: